Kak Seto: Anak Pada Umumnya Terlahir Cerdas

0 307

Psikolog Anak, Dr Seto Mulyadi mengatakan bahwa pada dasarnya, semua anak terlahir cerdas. Pandangan ini disampaikannya saat Seminar bersama orangtua murid dan siswa di Sekolah Permata Harapan Batam.

Namun, Kak Seto (Sapaan akrab Seto Mulyadi) mengatakan perlu peran aktif dari orang tua. Karena orang tualah yang bisa mengetahui potensi anak sejak dini. Sehingga nantinya mendorong anak sesuai dengan potensi atau kesukaannya.

Setiap orang memiliki kelebihan tersendiri termasuk anak-anak. Kelebihan ini merupakan bakat kepintaran manusia yang bisa jadi berbeda dari satu dengan yang lainnya.

Tidak ada anak yang bodoh. Semua anak terlahir cerdas. Yang perlu diperhatikan orang tua adalah memahami kemampuan anak sejak dini.” Ujar Kak Seto.

Jangan Memaksakan Kehendak Kepada Anak

Orang tua tidak seharusnya memaksakan kehendak kepada sang anak. Anak suka menggambar jangan dipaksa untuk menari. Biarkan anak berkembang sesuai bidang bakat dan kelebihannya.

“Kalau kita paksakan, pasti bertentangan. Ini yang akan membuat anak jadi bodoh. Kalau anak sudah bodoh, kita marah-marah. Ini yang tidak benar” Tuturnya

Kak Seto mencontohkan ilmuan hebat seperti Albert Einsten. Punya bakat sebagai ilmuan sejak kecil, dan didukung orang tua.

Bayangkan jika Einstain dipaksa jadi idola cilik sejak kecil. Mungkin dia tak akan menjadi ilmuan hebat,” Ujar kak Seto sambil tertawa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.