Jangan Paksa Siswa Beli LKS dan Buku Pelajaran

0 402

Pekanbaru – Tahun ajaran baru tentu sangat identik dengan buku pelajaran serta Lembar Kerja Siswa (LKS). Kedua hal ini merupakan pegangan bagi siswa dalam menambah porsi belajar.

Namun, terkadang masalah buku dan LKS ini menjadi salah satu kendala bagi orang tua/wali murid. Apalagi jika sekolah sudah mewajibkan siswa untuk membeli di sekolah. Tidak semua orang tua mampu membeli buku dan LKS.

Hal ini ditanggapi langsung oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Jamal. Beliau mengatakan bahwa saat ini tidak ada paksaan untuk membeli buku dan LKS dari sekolah.

“Zaman sekarang bukannya zaman paksaan lagi. Jika tidak mampu beli di sekolah, orang tua bisa membeli diluar. Semuanya tergantung orang tua. Kalau mau nitip beli di sekolah ya terserah mereka. Tidak masalah asal tidak ada paksaan,” Terangnya.

Menurutnya, tugas guru adalah mendidik dan mengajar. Bukan memaksa membeli buku dan Lembar Kerja Siswa. Ia juga mengimbau kepada para orang tua agar menelaah terlebih dahulu apa yang disampaikan pihak sekolah. Jika misalnya mampu untuk membeli dari sekolah, juga tidak masalah.

Pasalnya bukan hanya Buku pelajaran saja yang menjadi tanggungan guru, tetapi Seragam sekolah juga menjadi kewajiban bagi setiap murid.

 

Via Riau Pos

Leave A Reply

Your email address will not be published.