Menpan Ajak Kampus Kaji Njomplangnya Persentase Kelulusan SKD CPNS

0 343

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur melakukan kunjungan ke Provinsi Sumatera Barat. Salah satu tujuan Menpan adalah kampus-kampus di wilayah Sumbar.

Menteri akan menjadi Keynote Speech dalam seminar yang diadakan oleh Universitas Dharma Andalas (Unida), dan Universitas Islam negeri (UIN) Imam Bonjol, Padang.

Dalam seminar tersebut, Asman Abnur menyampaikan bahwa saat ini pemerintah tengah menggelar seleksi CPNS di beberapa kementerian/lembaga dan provinsi Kalimantan Utara.

Menpan ajak kampus kaji persentase kelulusan CPNSNamun yang jadi pusat perhatian pak Menteri adalah tingkat Kelulusan pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di beberapa wilayah. Terjadi ketidakmerataan persentase kelulusan yang cukup signifikan.

Dijelaskan pak Menteri, persentase kelulusan tertinggi adalah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang mencapai 24 persen. Sedangkan untuk di luar pulau Jawa angkanya dibawah 10 persen.

“Bahkan di Papua kurang dari tiga persen,” Ujar pak menteri.

Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa masih tidak meratanya pendidikan di wilayah Indonesia. untuk itu pak Menteri mengajak semua pihak khususnya kalangan akademisi untuk mengkaji dan menemukan akar permasalahan dari hal ini.

“Dimana permasalahannya. Apakah guru atau kurikulumnya, jam mengajarnya atau sarana prasana yang tidak mendukung,” Ujarnya.

Menteri Kelahiran Padang Pariaman ini mengajak agar para Guru besar jangan puas terhadap gelar yang disandangnya.

“Tingkatkan inovasi dan cari terobosan baru, kalau terjebak dengan urusan yang itu-itu saja, kita akan semakin tertinggal,” tegas Asman.

Via menpan.go.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.