Langkah-Langkah Saat Melaksanakan Penelitian Ilmiah

0 1,563

Kegiatan penelitian dapat dilaksanakan di laboratorium maupun di luar laboratorium, bergantung pada bentuk penelitian yang akan kita lakukan. Jika dilaksanakan di dalam laboratorium, maka kita harus memulai dan mengetahui pedoman keselamatan kerja di Laboratorium. Demikian juga jika dilaksanakan di luar laboratorium atau di suatu tempat tertentu, kita juga harus mengetahui pedoman keselamatan kerja di daerah tersebut.

Untuk mempermudah anda dalam penelitian, maka anda harus paham dan mengerti betul pedoman atau langkah-langkah dalam penelitin. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah saat melaksanakan penelitian ilmiah.

1. Mengidentifikasi Masalah
Saat merencanakan penelitian, tentu kita sudah merumuskan masalah. Masalah tersebut harus benar-benar sudah dikenali dengan menganalis masalah serta mengumpulkan informasi awal yang lebih banyak. Hal ini bertujuan agar kita memiliki gambaran jelas mengenai penelitian yang akan dilakukan.

2. Mengidentifikasi Metode Penelitian
Pilihlah metode identifikasi yang sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan. Kumpulkan informasi mengenai kendala, kesulitan maupun faktor penunjang metode tersebut. Sehingga nanti saat memulai penelitian kamu sudah tahu apa-apa saja yang akan diteliti

3. Menyiapkan Peralatan
Pastikan alat yang digunakan selama penelitian berfungsi dengan baik. Jangan sampai saat melaksanakan penelitian, ada alat yang tidak berfungsi yang bisa menyebabkan penelitian anda terganggu atau terhambat.

4. Proses Pengambilan Data
Lakukan pengumpulan data sesuai dengan teknis atau proses yang telah direncanakan sebelumnya

5. Mengolah Data Sesuai dengan Jenis dan Keperluannya
Setelah data terkumpul, kelompokkan data sesuai jenis keperluan penelitian. Perhatikan data yang ada, apakah terlihat aneh atau tidak. Jika menurut anda terlihat aneh, ada baiknya mengulangi kembali proses pengambilan data

6. Menganalis Data serta menyimpulkan Penelitian
Merupakan suatu pernyataan yang merangkum apa yang sudah disusun sebelumnya.

Langkah-langkah saat melaksanakan penelitian7. Merekomendasikan Tindak Lanjut Hasil Penelitian
Berdasarkan analisis data dan kesimpulan yang ada, anda bisa mengusulkan apa yang selanjutnya yang perlu dilakukan, misalnya, mengusulkan ide penciptaan, perancangan atau penulisan yang berkaitan dengan penelitian anda.

Semoga dengan membaca artikel ini, bisa membuat penelitian anda berjalan dengan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.