Pertolongan Pertama Pada Mimisan

0 859
Mimisan adalah kondisi dimana pendarahan yang terjadi pada hidung. Darah yang keluar bisa dari salah satu atau bahkan kedua lubang hidung dengan durasi waktu yang berbeda-beda. Terkadang mimisan terjadi hanya beberapa detik namun ada juga yang bahkan mencapai 5 menit. Mimisan juga dapat terjadi pada kondisi sedang tertidur.
 Gejala Mimisan
Hampir setiap orang pernah mengalami mimisan. Jika terjadi mimisan cenderung seseorang akan mengalami kepanikan, khususnya mimisan yang terjadi pada anak-anak. Memang kenyataannya kebanyakan mimisan terjadi pada anak-anak dan tidak berbahaya. Namun jika terjadi pada orang tua ini bisa menjadi masalah yang serius dan butuh penanganan medis. (Dikutip dari Buku First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama Penanganan Darurat, karya Stanley M. Zildo). Jika kamu atau orang disekitar kamu mengalami mimisan, lakukan langkah cepat ini:
Pertolongan pertama pada orang yang terkena mimisan:
  1. Dudukkan korban dengan tubuh agak condong kedepan
  2. Jaga mulut korban agar tetap terbuka, hal ini berguna agar darah tidak menutupi jalan napas
  3. Pencet hidung selama 15 menit
  4. Tekan hidung pada bagian bawah tulang hidung lalu lepaskan perlahan-lahan
  5. Jangan biarkan korban mengeluarkan ingus.
  6. Hapus darah yang ada di mulut
  7. Jangan biarkan korban menelan darah yang ada dimulut, karena akan memberikan rasa ingin muntah
  8. Ambil kain basah atau es yang dibungkus denan kain lalu tempelkan di hidung/muka korban agar mempersempit pembuluh darah.

    Setelah mimisan berhenti, usahakan korban tidak membuang ingus, membungkuk, atau melaksanakan akifitas yang berat untuk mencegah iritasi pada hidung

    Demikian tips sederhana atau pertolongan pertama pada mimisan, jika mimisan masih berlajut segera hubungi dokter untuk penanganan medis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.