Program Full Day School Tidak Untuk Menambah Jam Belajar

0 593

Gagasan Mendikbud, Prof Muhadjir dengan program Full Day School menuai pro kontra. Padahal program ini bertujuan untuk menamamkan nilai karakter bangsa bagi peserta didik untuk tingkatan SD dan SMP.

“Sebenarnya program ini merupakan terjemahan visi dari Presiden Jokowi dalam bidang pendidikan Nawa cita”, Ujar Muhadjir (dikuti dari Detik.com)

Kegiatan Full day School tidak menambah Jam Pelajaran melainkan menambah kegiatan Ko-kurikuler seperti bidang kesenian dan keterampilan. Diharapkan peserta didik bisa menggali kebudayaan serta kearifan lokal yang semakin hari semakin tergerus zaman.

Kegiatan Full Day SchoolTujuan lainnya adalah agar anak-anak SD dan SMP tidak sendirian dirumah tatkala orang tua mereka masih sibuk bekerja. Mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah bersama teman dan guru-guru disekolah sampai nantinya dijemput orangtua mereka.

Terkait penerapan kebijakan ini, Mendikbud masih mengkaji dan mensosialisasikan ke sekolah-sekolah dari pusat hingga daerah. sebelum nantinya akan diterbitkan Payung Hukumnya berupa Peraturan Menteri.

Jika program ini terealisasikan, maka siswa akan mendapatkan libur 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu,waktu inilah yang diharapkan dan dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: