Mendikbud Muhadjir: Siswa Harus Dibekali Keterampilan

0 983

Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendy menyatakan bahwa seharusnya pendidikan juga membekali siswanya dengan keterampilan. Dengan dibekali keterampilan ini, Siswa bisa bekerja mandiri jika tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Ini disebut dengan Life Skill, Jadi Apabila siswa tidak bisa melanjukan, mereka¬† sudah bisa bekerja sesuai keterampilan yang mereka punya”, Ujar Mendikbud dalam sambutannya pada pembukaan Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojar) di kantor Mendikbud 1 Agustus lalu.

Beliau menambahkan, jika di luar negeri jika ada yang mempekerjakan anak-anak SMA maka akan dinilai melanggar Undang-Undang, Karena di luar negeri yang boleh bekerja adalah anak-anak Lulus SMA Plus Satu, Artinya harus mengambil kursus atau pelatihan minimal 1 tahun terlebih dahulu.

Siswa harus dibekali keterampilanNamun jika diterapkan di Indonesia, tentu hal ini tidak mungkin. Karena terkadang ada anak yang masih SMP atau SMA sudah bekerja untuk mencari biaya sekolah sendiri.

Untuk membekali siswa dengan ketrampilan tertentu inilah, ada layanan pendidikan yang diberikan oleh Kemendikbud yaitu pilihan alternatif penidikan seperti SMP terbuka ataupun SD-SMP Satu Atap. (Kemdikbud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.