Sulit “BAB” Ketika Bepergian ??? Ternyata, Inilah Penyebabnya

0 261

Selama ini kita sering mendengar ungkapan bahwa tidak ada toilet senyaman di rumah mungkin ini ada benarnya.

Ada beberapa orang yang ketika sedang bepergian mengalami kesulitan untuk buang air besar dan baru bisa menuntaskan “Kesulitan” yang tertunda ini saat sampai di rumah.

Profesor Psikologi di Universitas Melbourne, Nick Haslam menjelaskan bahwa kejadian ini merupakn hal yang lumrah.

Inilah Penyebabnya

Penyebab yang memicu kesulitan dalam perjalanan tersebut terjadi karena ada rasa yang tidak nyaman ketika akan BAB di toilet asing.

Ketika kembali ke rumah, itu artinya kembali ke lingkungan yag sudah biasa kita kenal sehingga bisa memicu keinginan untuk pergi ke toilet.

Kebanyakan orang merasa lebih nyaman pergi ke kamar mandi di tempat yang sudah diakenal,” ujar Haslam, seperti dikutip dari The Atlantic, Rabu (02/11/2017).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Jack Gilbert, Profesor bedah di universitas Chicago dan direktur Microbiome Center di Universitas tersebut.

Dia berkata jika kondisi sulit untuk BAB di tempat asing merupakan cara misterius tubuh kita merespons perubahan lingkungan sekitar.

Kenyamanan baru akan didapat ketika kembali ke rumah, di tempat ini lah kita akan merasa nyaman.

Nyaman adalah keadaan emosional, tapi emosi adalah respons fisiologis. Jadi ini adalah cara tubuh merespons lingkungannya,” jelas Gilbert.

Dia melanjutkan, ketika kembali ke rumah, toleransi glukosa berubah, pemompaan adrenalin berubah, dan pernapsasan juga berubah. Pola tidur pun ikut berubah. Semua faktor ini dapat mempengaruhi seberapa cepat makanan bergerak melalui usus Anda,” lanjut Gilbert.

Leave A Reply

Your email address will not be published.