Ujian Nasional Dihapus, Bagaimana Cara Menentukan Kelulusan?

Apakah wacana penghapusan Ujian Nasional yang disampaikan Mendikbud memberikan peningkatan mutu kualitas pendidikan Indonesia?

0 632

Pasca diwacanakannya penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil ketua Komisi X DPR RI Fikri Fiqih menanyakan alat ukur lain untuk menentukan kelulusan siswa.

Menurut Fikri, pemetaan serta keberhasilan pendidikan nasional sangat penting dalam menjaga kualitas pendidikan nasional. Jangan sampai penghapusan Ujian nasional menyebabkan kualitas pendidikan menjadi turun karena tidak adanya alat ukur ini.

“UN hanya dijadikan pemetaan dan keberhasilan pendidikan nasional pada era mendikbud sebelumnya, Namun kini UN akan dihapus. Mendikbud harus memikirkan alat ukur lain, ini yang akan kita bahas bersama pihak kementerian pendidikan dan kebudayaan,” Ujar Fikri.

Mendikbud memang mengeluarkan moratorium (penangguhan) UN yang dimulai pada tahun 2017. Pelaksanaan UN untuk tingkat SMP dan SMA sederajat akan dilimpahkan ke pemerintah propinsi. Untuk tingkat SD sederajat diberikan keweangan ke pihak kabupaten/kota.

Lebih lanjut, Mendikbud menyampaikan penghapusan Ujian nasional hanya berlaku bagi sekolah dengan taraf standar nasional dengan nilai integritas dan skor akademiknya yaitu 30 persen sekolah di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.