Ini Upaya Bawaslu Dalam Menanggapi Isu Sara Saat Kampanye Berlangsung

0 254

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 tentu membuat seluruh masyarakat menyambutnya. Begitu pula dengan Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu.

Badan pengawas pemilu diminta untuk sigap dan cekatan saat menjalani proses pilkada ini. Bagaimana tidak, diyakini selama masa kampanye, isu-isu yang dimainkan masih seputaran Sara, bukan ajang adu ide dari masing-masing pasangan calon.

Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi II DPR, Ace hasan Syadzily.

“Isu Sara akan tetap berkembang di sosial media menjelang Pilkada 2018 hingga nantinya tahun 2019,” Ujar Ace.

Menanggapi pernyataan ini, Komisioner Bawaslu bidang Pengawasan Mochammad Afifuddin mengatan bahwa isu sara mempunyai daya ledak yang tinggi.

“Pengalaman beberapa Pilkada terakhir membuat kita harus mengantisipasi betul, karena isu kampanye negatif, kampanye hitam, kampanye SARA ini benar-benar dikapitalisasi banyak orang, dan kita belum punya banyak perangkat untuk melakukan pengawasan,” terangnya.

Bawaslu akan melakukan pengawasan dan melaporkan kepada pihak berwajib jika ditemukan indikasi kampanya SARA.

“Akan kami teruskan ke kepolisian dan Kominfo, tentu jika terkait dengan isu berbau SARA dan kampanye negatif di sosial media,” ujar Afif.

Bawaslu akan menggandengan dan berkoordinasi dengan banyak pihak, seperti tim siber Polri dan Kominfo untuk menangkal konten negatif seputaran kampanye di sosial media.

Leave A Reply

Your email address will not be published.