Waspada 3 Hal ini Agar Kualitas Sperma Tetap Bagus

0 595

Seringkali kesuburan seorang pria dipengaruhi oleh kualitas spermanya. Hal ini bisa dilihat dari gerakan yang cepat atau lambat, morfologinya atau jumlah spermanya (Minimal sekitar 15 juta/cc)

Menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Yassin Yanuar, Kualitas sperma dipengaruhi oleh gaya hidup dan lingkungan.

1. Gaya hidup
Gaya hidup yang tidak sehat apalagi jika ditambah dengan meroko dan minum minuman beralkohol dapat merusak kualitas sperma. Karena kedua hal ini dapat menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Begitu juga dengan seseorang yang mengkonsumsi obatan terlarang. Hal inilah yang membuat sperma gagal membuahi sel telur

2. Lingkungan
Dikutip dari kompasdotcom. Polusi udara yang tinggi dapat menurunkan kualitas sperma. Karena polusi udara juga mengandung radikal bebas. Selain itu, Testis yang menghasilkan sperma juga sangat sensitif dengan suhu. Testis membutuhkan suhu yang lebih rendah dari pada suhu tubuh agar menjaga suhu sperma.

Kualitas Sperma3. Nutrisi
Selain Gya hidup dan lingkungan, Nutrisi yang kita konsumsi juga bisa menurunkan kualitas sperma. Sperma membutuhkan mikronutien berupa zinc, seng, Vit-C dan Vit-E.

 “Banyak Memakan buah-buahan dan sayuran yang mengandung mikronutrien serta mengurangi junk food, makanan mengandung MSG dapat mempertahankan kualitas sperma dalam kondisi yang optimal,” Ujar Yassin
Setelah mengetahui 3 hal diatas, maka sebagai laki-laki kita harus bisa menjaga dan mempraktekkannya. Mengapa demikian? Karena buruknya kualitas sperma menjadi salah satu penyebab pasangan suami istri gagal mempunyai keturunan. 35% masalah kesuburan dipengaruhi oleh kualitas sperma itu sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.